Bismillahir-Rahmanir-Rahim.. Assalamualaikum... Kepada para pengunjung. Tujuan blog ini di wujudkan adalah untuk berkongsi ilmu dan maklumat. Posting-posting dari blog ini tidak terbatas pada satu-satu bab. Ia lebih kepada mengikut citarasa hamba sendiri. Harap maaf jika tidak memenuhi kehendak jiwa serta keselesaan para pengunjung yang berlainan idealogi. Namun hamba tetap menyediakan berbagai label infomasi ( scroll down pada sidebar dibawah dan lihat pada "LABEL" ) untuk dimanfaatkan bersama. Semoga dapat memberi manfaat pada kita semua insyaAllah. wassalam.

JANGAN LUPA TINGGALKAN LINK SUPAYA SENANG AKU NAK MELAWAT DAN FOLLOW KORANG BALIK.. INSYA ALLAH.

Thursday, September 3, 2009

MALAM SERIBU BULAN

Bismillahirahmannirahim..

Written by: Ruli Amirullah

Assamualaikum Wr Wb,

Dear all,

Hidup begitu cepat. Baru kemarin saya merasa Ramadhan datang begitu cepat, sekarang tiba-tiba saja Ramadhan sudah menjelang hari hari akhir. Baru kemarin saya berdoa mengharap agar Ramadhan tahun ini menjadi ramadhan yang terbaik, sekarang tiba-tiba saja saya sudah menghabiskan sekian hari puasa dengan biasa-biasa saja, tak ada amalan luar biasa yang telah saya lakukan…

Menyedihkan sekali…..

Beruntung masih banyak ’jamuan istimewa’ yang ada di hari-hari akhir ini. Masih ada Lailatul Qadr, suatu malam yang sangat istimewa karena begitu mulia dan penuh berkah. Begitu istimewanya karena Al Quran sendiri bahkan menyebutnya sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Suatu malam dimana Al Quran turun…..

Ada beberapa pengertian mengenai arti malam lailautul Qadar, yaitu malam penetapan dan pengaturan bagi peralanan hidup manusia. Hal ini dijelaskan dalam surat sebagai berikut:

Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaiu urusan yang besar di sisi Kami

(QS Al Duhan : 3 -5 )

Kemudian malam itu juga merupakan malam yang.. begitu mulia. Begitu mulianya hingga terpilih menjadi malam turunnya Al Quran. Dan yang terakhir adalah malam yang sempit. Maksud sempit disini adalah dikarenakan begitu banyaknya malaikat yang datang ke bumi seperti yang di sebutkan dalam surat Al Qadr sebagai berikut:

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengaur segala urusan

( Al Qadr : 4 )

Melihat semua kebaikan tersebut, maka alangkah bijaknya bila kita mempersiapkan diri untuk menyambut malam istimewa tersebut. Sebagian besar ulama menduga bahwa malam tersebut akan datang pada 10 hari terakhir. tapi bukan berarti sebelum 10 hari terakhir kita malah santai dalam beribadah. Jusru di 20 hari awal puasa-lah kita harus benar-benar menjalani puasa dengan baik dan benar. Sehingga diharapkan pada 10 hari terakhir, jiwa kita sudah mencapai pada suatu tahap kesadaran dan kesucian yang menjadikan malam mulia tersebut berkenan untuk datang menghampiri kita.

Karena malam Lailaul Qadr tidak akan datang ke semua orang yang sekedar terjaga pada malam itu. Tapi ia akan datang pada orang yang telah menjaga dan menjalani puasanya dengan baik dan benar. Ia akan datang pada orang yang jiwa, kesadaran dan hatinya telah bersih. Pada orang-orang yang benar-benar rindu padaNYA. Sehingga malam itu, bagi mereka, akan menjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan..

Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang beruntung, orang-orang yang bisa menjaga hatinya. Orang-orang yang bisa merasakan indahnya malam Lailatul Qadr. Amin


UNTUK TEMAN-TEMAN BLOGGERS YG MELAWAT BLOG INI, TINGGALKANLAH SEPATAH DUA KOMEN UNTUK DIJADIKAN PERINGATAN AGAR AKU X TERLUPA UNTUK MELAWAT BLOG KALIAN KEMBALI.. INSYA ALLAH. I LOVE YOU FULL.. HA..HA..HA..HA..

2 comments:

Dhamah Syifflah said...

amin...

moga menjadi Ramadhan ini...
ketemu pula Lailatur Qadar..
menjadikan diri sempurna...
sesempurna Nabi-NabiNya...
sesungguhnya Dia yang memberi...

aku hamba tidak mampu...
mengecapi bahagia...
jika Dia tidak sudi...
melihatkan diriNya...

Samwan said...

Salam,
Tidak ramai yang hendak membaca artikel sebegini. Tidak mengapa, saya pasti membaca.
Itulah buktinya manusia semakin lalai dan lupa Tuhan yang menciptakan dan memberi rezeki.
Semoga kita saling ingat mengingati dan sabar.

Jikalau benar umur umat Nabi Muhammad SAW itu 1500 tahun. Sekarang 1430 Hijrah, maka boleh jadi sudah tidak lama lagi.

Kita bukan hendak meramal, tapi cuma bersedia takut2 Imam Mahdi muncul tanpa kita sedari. Apa pun memang kita umat akhir zaman.

Aljihadu fisabilillahi sabiluna almautu fisabilillahi amanina.